SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

BERPIKIR KRITIS TENTANG ISLAM DAN TEOLOGINYA

KISI – KISI SOAL PENGANTAR STUDI ISLAM (MPI) FITK 2015/2016 – Drs. H. Muqowim, M.Pd. – UIN SUKA YOGYA

 

Indikator : Mahasiswa/i dapat menjelaskan dan merinci serta menganalisis soal dengan tepat, benar dan sesuai. Mengetahui sejarah perkembangan islam, pemikiran islam, teologi agama-agama di Indonesia, Gambaran atau pendeksripsian dari soal yang dapat dikonsepsikan, berpikir kritis, berpikir dengan penjelasan dan ilustrasi dan mampu berpikir ilmiah dalam menjawab soal.

 

2.      Apa yang dimaksud dengan berpikir kritis (naqdy) tentang islam? Beri Penjelasan dan ilustrasi!

Berpikir kritis sering juga dikatakan berfilsafat. Karena dengan berpikir kritis seseorang manusia mencoba untuk mencari suatu kebijaksanaan. Sedangkan kebijaksanaan itu terdapat dalam filsafat. Berpikir kritis juga menggunakan nalar sebagai medianya. Seseorang sudah dikatakan berfilsafat jika sudah muncul perttanyaan mengapa dan bagaimana dalam dirinya. Pertanyaan tersebut merupakan kunci pembuka filsafat seorang manusia. Filsafat adalah upaya manusia untuk memahami sesuatu secara sistematis, radikal, dan kritis. (Takwin, 2001 : 6) oleh sebab itu berfikir kritis sangat diperlukan untuk menimbang-nimbang informasi yang masuk, bukan hanya menerimanya begitu saja tanpa menyaringnya.

Agama merupakan hal yang tidak rasional karena agama adalah buah karya pikiran manusia. Jadi agama akan muncul dari sebuah pertanyaan seorang manusia yang tidak dapat terjawab secara rasional. Ketidakpuasan jawaban inilah yang mengaibatkan agama muncul karena agama merupakan sebuah kepercayaan. Namun, tidak setiap kepercayaan termasuk kedalam agama. Agama adalah sebuah kepatuhan, pengabdian, keyakinan terhadap sesuatu yang tidak sesuai nalar. Dalam hal ini agama berkaitan erat dengan filsafat timur.

Pemikiran timur sering dianggap sebagai pemikiran yang tidak rasional, tidak sistematis, dan tidak kritis. Anggapan tersebut menyebabkan pemikiran Timur sebagai bukan filsafat melainkan agama. Jadi, dengan alasan agama mengajarkan kepatuhan sedangkan filsafat mengandalkan berpikir kritis, meragukan, mempertanyakan, dan membongkar sampai ke akar-akarnya.

Saint Agustunus dan Thomas Aquinas berpendapat lain tentang agama menurutnya agama dan filsafat adalah dua hal yang sejalan. (Takwin, 2001 : 2) menurut pengertian mereka agama dan filsafat dapat beriringan dan disatukan karena akan membuat seorang manusia benar-benar dalam pencarian kebijakan (kebenaran).

Berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan replektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya dan dilakukan. Objek kajian filsafat ada dua yaitu Objek Materia Filsafat dan Objek Forma Filsafat. Tujuan Filsafat adalah pengertian dan kebijaksanaan. Fungsi Filsafat sebagai keinsafan dan pandangan jauh ke muka

Agama adalah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.  Agama akan sangat berguna bagi manusia karena dengan memiliki sebuah agama maka hidup manusia tersebut akan terarah.

Ada dua pendapat yang berbeda mengenai posisi filsafat untuk berpikir kritis dalam kajian agama. Pendapat pertama, mengungkapkan bahwa agama dan filsafat tidak dapat disejajarkan karena keduanya berbeda. Pendapat kedua, mengungkapkan bahwa agama dan filsafat dapat disejajarkan karena dengan filsafat seseorang dapat lebih meyakini tentang agama yang dianutnya.

Jadi, ketika berpikir kritis manusia harus benar-benar mempertanyakan hal tersebut dengan sepenuh hatinya. Jika tidak maka keyainan akan sirna begitu saja denganselesainya pertanyaan yang tidak diiringi hati.

 

3.      Jelaskan Pengertian Islam dengan Memperbandingkan Keunikan Teologinya di antara agama-agama yang lain?

Islam, katolik, dan, kristen memiliki sumber awal yang sama. Allah(islam), Allah Bapa(katolik&kristen), Yahweh(yahudi), adalah tokoh (pribadi) Tuhan yang sama tapi disebut dengan kata atau bahasa yang berbeda. Keempat agama ini dikenal sebagai agama samawi (agama langit), merujuk pada kedudukan Tuhan yang dipahami sebagian besar penganutnya sebagai berkedudukan di atas atau di langit.

Budha, kejawen, konghucu dan hindu hampirsama dalam hal sumber pertama ajarannya. Buku suci dan sumber pertama ajarannya adalah karangan orang orang pertamanya atau tokoh sucinya. Jadi kalau agama samawi itu buatan tuhan, kalau agama budha kejawen konghucu dan hindu, bisa dibilang buatan atau hasil karya tangan manusia,(filsuf)

Budha disebut sebut memiliki kedekatan sejarah dengan ajaran nabi zulkifli namun dalam rentang waktu yang panjang dan dengan pengajaran lisan (tidak tertulis),..ajaran agama budha yang sekarang hanya tinggal sebagian kecil dari ajaran nabi zulkifli. Biasanya yang masih terlihat hanya ajaran ajaran moralnya, misalnya mengasihi sesama, banyak memberi, menahan nafsu, mengendalikan diri di kala marah dsb. sedangkan bentuk ibadah dan rumah ibadah sebagaimana vihara, candi dan stupa, itu lebih bersifat monumen/ cara mengenang tokoh agama budha yaitu sidharta gautama. Sidharta sendiri tidak memikin vihara, candi maupun stupa,apalagi membikin patung budha.

Kejawen muncul di jawa. Aliran ini merupakan perwujudan sikap resisten para tokoh hindu terhadap masuknya pengaruh Islam di jawa. mereka ini banyak sekali menggunakan istilah istilah islam tapi mencampurkannya dengan filosofi hindu. Ktp dari penganutnya kebanyakan islam meskipun ada beberapa yang kristen. Islam hanya diambil sebagian, bahkan dalam beberapa hal kristen juga diambil, tapi kemudian tafsiran dan pengajarannya mengacu kembali pada filosofi hindu yang sudah tertanam dalam pikiran mereka berpuluh tahun sebelumnya. Oleh para peneliti agama,… kejawen ini mirip atau memang bisa disebut sinkretisme (pencampuran agama)

Kong hucu hampir mirip budha dalam hal sunber utama pengajaran agamanya, yaitu petuah petuah dari sang tokoh sentral. Kalau budha tokohnya sidharta, kalau kong hucu tokohnya kon fu tse (seorang filsuf china )

Hindu juga demikian ,.. bedanya hindu ini tidak lagi terlacak siapa orang pertama yang mengajarkannya. Hindu merupakan cara berpikir orang kuno yang memang berumur hampir setua umur manusia di dunia. Jika sekelompok manusia dibiarkan hidup di hutan bersama dengan alam jin setan yang sngat kental, kemudian sekelompok orang itu dibiarkan berkembang pemikiran mereka tanpa diberikan informasi apapun tentang tuhan dan agama, maka mereka akan memunculkan pemikiran pemikiran yang mirip dalam filosofi hindu. Contoh: ketika di sebuah pohon besar muncul jin besar dan menakut nakuti penduduk sambil mengaku bahwa dia adalah penguasa desa itu maka penduduk takut dan memberikan sesaji pada pohon tersebut untuk keselamatan desanya.

Apakah mirip animisme dan dinamisme? Jawabnya Ya…. Persis seperti itu tapi beberapa tokoh awalnya membukukan semua itu dan dibungkus dengan cerita novel filosofis seperti mahabarata dan ramayana. Jin jin yang begitu banyak jumlah dan macamnya membuat identifikasi yang dilakukan oleh para tokoh agama ini menformulasikannya menjadi dewa dewa yang jumlahnya tidak terbatas. Agama hindu dengan agama Pagan Mesir juga pagan Yunani memiliki anatomi yang sama persis. Nanti akan kita temukan kasus dimana dalam agama agama pagan dan hindu ada pengkeramatan sapi sebagai dewa atau sembahan.

Kehadiran Islam sebagai kepercayaan baru tidak serta merta membuat kepercayaan lama hilang begitu saja. Penganut Yahudi dan Nasrani yang lebih dulu hadir tidak serta merta musnah dengan kedatangan Islam. Hal sama terjadi ketika penganut Yahudi tidak serta merta berpindah menjadi penganut Nasrani begitu kabar tentang Yesus atau Isa datang.

Nabi Muhammad adalah satu-satunya orang yang mampu melahirkan konsep keagamaan, kenegaraan dan langsung mempraktekkannya. Negara Madinah adalah contoh kekuasaan politik Islam yang sangat tangguh dan adil dan beradab. Dalam masa hidup Muhammad belum ada seorang pencuri pun yang dipotong tangannya. Kekuasaan politik Muhammad menjadi demikian kuat yang pada akhirnya mengambil sikap berseberangan dengan Yahudi dan Nasrani dalam hal kiblat. Allah menyuruh arah kiblat beralih dari Yerusalem ke Makkah.

Cerita tentang politik dan kekuasaan yang berseberangan dengan agama terjadi pada saat kedatangan Yesus. Tanah Israel pada saat itu dikuasai oleh Imperium Romawi. Karena takut kekuasaan tergerus oleh pengaruh kuat Yesus di dalam masyarakat - maka kedatangan Yesus pun secara politik dimusuhi. Bahkan orang Yahudi sendiri menolak orang Yahudi paling besar dalam sejarah orang Yahudi - Yesus, sebagai pemimpinnya. Mereka tetap menjadikan Musa sebagai Pembebas dan inspirasi ke-Yahudi-an dan kepercayaan kepada Tuhan.

Langkah-langkah politik - pada akhirnya Islam dimanfaatkan sebagai kekuatan politik - diambil alih oleh Muawiyah sepeninggal Khalifah Ali. Itulah awal ekspansi besar-besaran Islam ke Barat dan Timur yang lebih jauh. Pada zaman Rasullullah sebagai penguasa, kepala Negara, ifat ekspansinya sungguh elok. Kekuatan Islam digunakan untuk menguasai dan syi'ar Islam dengan tidak melakukan pengrurasakan. Cerita tentang penaklukan Mesir dan beberapa wilayah di Jazirah Arabia pada zaman Rasullullah sungguh menginspirasi.

Kekuatan Islam yang pada saat itu telah besar, tidak digunakan sebagai kekuatan yang menakutkan. Diplomasi dilakukan untuk syi'ar Islam, dengan misalnya mengirimkan surat kepada penguasa-penguasa, raja-raja di sekitar Jazirah Arabia dan Timur Tengah.

Dalam syi'ar Islam itu, Muhammad tidak menafikan eksistensi agama dan umat lain. Tidak ada pembasmian dan pembantaian. Ingat bagaimana Islam yang telah kuat ketika menaklukkan Makkah tidak melakukan bumi hangus. Tawanan perang pun diperlakukan manusiawi. Juga hegemoni dan sejarah tidak membuat Muhammad menjadikan Makkah sebagai pusat kekuasaannya. Sebagai simbol kemenangan dan balas dendam karena Muhammad pernah diusir dari Makkah. Muhammad memilih tidak mempermalukan penduduk Makkah dan secara simpatik tetap menjadikan Yathrib atau Madinah sebagai pusat kekuasaan politik-religius Muhammad. Hal ini juga menunjukkan sifat Muhammad yang menghargai dan tidak hendak melukai sumbangan dan kontribusi penduduk Madinah atau Yathrib yang telah menerima dan membantu Muhammad pada saat awal lahirnya Islam.

Kepribadian Muhammad yang brilian ini juga dipraktekkan dalam Negara Madinah. Yahudi dan Nasrani tetap dibiarkan hidup. Gereja dan Sinagog sebagai tempat ibadah bagi Nasrani dan Yahudi diyakini ada di Madinah. Para penganut Yahudi dan Nasrani bergaul dan berdagang dengan para penganut Islam. Namun sepeninggal Muhammad semuanya tercerai berai. Ajaran koeksistensi tetap dipegang oleh sebagian penganut Islam.

Ayat-ayat yang mengacu pada koeksistensi tentang misalnya diperbolehkan seorang pria Muslim menikahi ahlul kitab. Timbul intepretasi bahwa yang disebut ahlul kitab hanya penganut ajaran Kristen mula-mula. Sebagian lagi beranggapan yang dimaksud ahlul kitab adalah penganut Nasrani, dengan alasan Al Qur'an berlaku permanen; tidak ada nasih dan mansuh dalam Al Qur'an. Terlepas dari penafsiran ini, Rasullullah SAW mengantisipasi pergesekan ini dengan mengatur keluarnya ayat untuk kemungkinan kehidupan bermasyarakat. Intinya Muhammad mengajarkan koeksistensi dan toleransi yang kuat pada pemeluk agama lain.

Demikian pula ayat-ayat yang menyampaikan tentang Yahudi dan Nasrani sebagai musuh yang nyata tidak dipahami seragam sebagai petunjuk membasmi mereka. Buktinya? Kenapa Muhammad membiarkan Yahudi, Majusi dan Nasrani hidup di Madinah, di jantung kekuasaan Muhammad.

Bahkan Muhammad pun mengajarkan untuk menghargai kitab-kitab Zabur (Taurat) dan Alkitab (Injil) sebagai kitab-kitab yang harus dipercayai, juga nabi-nabi Yahudi dan Isa pun wajib diyakini sebagai nabiyullah dalam kepercayaan Islam. Sungguh luar biasa Muhammad menempatkan Yahudi dan Nasrani dalam koeksistensi dengan Islam yang pada saat itu sangat kuat.

Ada persamaan nama Tuhan Yang Maha Esa antara Nasrani dan Islam di mana Nasrani yang datang terlebih dahulu sebelum Islam, menyebut Tuhan sebagai Allah. Bahkan orang-orang sebelum Islam pun di Arabia menyebut Tuhan: Allah. Yahudi tidak mempunyai nama pemanggilan yang baku. Yahwe, YHWE, Yahova dan sebagainya. Yahudi memandang Tuhan sebagai diskursus yang bebas dan tidak dibatasi.

Pembatas diskusrus tentang Tuhan bagi penganut Yahudi adalah: Tuhan tidak bisa digambarkan dalam bentuk apapun dan setiap orang Yahudi bisa mengintepretasikan tentang Tuhan sesuai dengan kemampuannya mencerna Tuhan yang diyakini oleh orang Yahudi sebagai entitas yang tak terjangkau oleh akal pikiran manusia. Nah, pemahaman yang sangat luas dan dalam ini sangat mirip dengan kalangan penganut tasawuf dalam Islam - yang banyak mengidentifikasi Allah hanya melalui sifat-sifat Allah yang 99 itu.

So, mari kita lihat kesamaan dan sejarah indah bagaimana ketiga agama besar ini bahkan berbagi Jerusalem sebagai Kota suci. Kota suci bagi ketiga agama besar dunia. Yahudi - penganut Yahudi yang kurang dari 15 juta jiwa - memengaruhi perekonomian dunia, yang perlahan digeser China. Nasrani sebagai salah satu agama terbesar di Dunia jelas berpengaruh. Islam adalah agama paling cepat berkembangnya di dunia.

Nah, rupanya sejak awal Muhammad SAW telah meletakkan dasar toleransi dan koeksistensi dalam kehidupan sosial dan keagamaan dengan Yahudi dan Nasrani. Nyatanya dalam sejarahnya Yahudi, Kristen dan Islam harus berbagi dan bukan saling memusnahkan. Yerusalem adalah simbol abadi eksistensi Yahudi, Kristen dan Islam. Tidak ada perintah dari Islam, Yahudi dan Nasrani untuk saling menghancurkan pemeluk dan agama lain. Islam sebagai kekuatan terakhir penentu juga memberi pesan: Agamaku agamaku, agamamu agamamu! Lakum dinukum waliyaddien! Damailah di jiwa, damai di hati dan damai di Bumi. Semoga!

 

1 Response to "BERPIKIR KRITIS TENTANG ISLAM DAN TEOLOGINYA"

  1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB


    ReplyDelete