SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

"CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI"

            Bagaimana kabar saudara? Semoga dalam keadaan sehat. Aamiin. Sejauh manakah pengetahuan sejarah tentang paragraf itu? Dapatkan anda menjelaskan satu per satu dari masing-masing jenis paragraf. Oh, tentu saja banyak yang tidak bisa. Kalaupun bisa hanya sedikit saja yang akurat. Ok, seperti yang kita telah pelajari sebelumnya, kita tentu saja mengenal berbagai jenis paragraf. Paragraf itu sendiri banyak sekali jenisnya, mulai dari paragraf argumentasi, deskripsi, narasi, eksposisi dan sebagainya. Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang paragraf deskripsi. Apa itu paragraf deskripsi? Mari kita simak pengertiannya secara lebih dasar dan mendalam.

            Pengertian paragraf deskripsi adalah paragraf gambaran umum yang terfokus pada satu hal saja. Bila anda kurang paham. Cobalah untuk membaca contoh paragraf deskripsi di bawah ini.

            Kucing adalah binatang mamalia yang akrab dengan manusia. Secara fisik memang terdapat hubungan kekerabatan dengan anjing. Hewan tersebut terkenal manja pada majikannya. Kesehariannya adalah tidur. Jika sudah malas-malasan, hewan ini jarang sekali hewan ini aktif seperti jalan-jalan. Makanan kesukaannya adalah ikan goreng, ayam goreng dan sejenisnya yang berbau amis, namun tidak menutup kemungkinan makanan yang berbau tidak anyir pun, kucing mau memakannya. Banyak ditemui kucing kampung yang memakan makanan yang tidak berbau anyir. Hal ini karena kucing tersebut merasa sangat lapar, sehingga makanan yang tidak berbau khas anyirpun akhirnya di makan juga. Tentu saja bila kucing Anggora atau import tidak akan mau memakan makanan yang tidak berbau anyir, misalnya nasi.

            Di balik semua itu rupanya ada hal yang paling menarik dari kucing, yakni kucing senang mencakar-cakar dengan kukunya ke sofa. Itu berarti dia sedang mengasah kukunya agar tetap lancip atau sekadar bercengkrama. Selain itu, kucing tidak menyukai air. Jika tersentuh sedikit saja, kucing akan berteriak keras, lalu menjauh dari air.

            Selain itu, kucing pun senang sekali bercanda, tetapi terkadang bisa membuatnya marah. Jika anda melihat kucing sedang bersahut-sahutan dengan suara “Meong” kemungkinannya adalah jika ada lebih dari satu kucing yang jenis kelaminnya sama, artinya kucing tersebut sedang marah dan berusaha mempertahankan wilayah kekuasaannya. Kucing tidak ingin ada saingan dalam mencari wilayah kekuasaan dimana wilayah tersebut adalah tempatnya mencari sumber makanan, minuman atau bahkan tempatnya si betina-betina yang cantik. Namun, jika kucing hadir di sana dan bersahut-sahutan dengan anaknya atau dengan lawan jenis berarti si kucing sedang berkomunikasi atau akan menjalin hubungan yang lebih mapan. Maksud saya yakni ke jenjang perkawinan. Selain itu, kemungkinan yang lain karena lapar dan haus.

            Tidak hanya itu saja yang unik, akan tetapi masih ada lagi. Nah, jika malam hari di tempat yang gelap, sorot kedua mata kucing akan terlihat menyala. Ini akibat mata kucing mengandung pigmen yang cerah. Dengan mata itu, kucing memiliki penglihatan yang tajam. Jangan salah, mereka pun sudah dianugerahi penglihatan dari Sang Maha Pencipta. Namun yang anehnya, manusia menganggap itu kucing sebagai hal yang mistis dan terkesan magis, padahal sebenarnya tidak. Kucing ya kucing biasa. Jangan pernah mencerna kucing sebagai hewan pembawa malapetaka, bencana, keberuntungan atau apapun juga yang tidak didasari oleh fakta yang objektif. Sebaiknya anda tinggalkan dan buang ucapan dari  seseorang yang membicarakan tentang kucing ajaib, kucing magis, kucing mitos apalagi kucing jadi-jadian.

            Selain yang sudah diuraikan di atas, masih ada keunikan lainnya adalah kucing sering sekali memangsa tikus. Jika tidak ada satupun tikus, maka bangkai apapun jadi disantapnya. Kucing akan terus berlari bahkan berkejar-kejaran cukup lama dengan Tikus. Ya, begitulah prinsip kucing sebagai hewan mamalia yang kekerabatannya mirip anjing, sehingga tingkah lakunya pun mirip anjing. Namun, perbedaan yang mencolok adalah air liur kucing tidaklah jorok ataupun najis, sedangkan anjing sering menjulurkan lidahnya hingga meneteskan air liur yang menjijikan.   

            Dalam kisahnya, kucing boleh dikatakan sebagai hewan penurut asalkan memeliharanya sejak masih mungil alias bayi. Jika anda memelihara kucing sudah cukup besar, anda bisa repot mengaturnya. Namun jangan khawatir seban anda masih bisa melatihnya, walaupun terkadang sulit.

            Memelihara kucing di rumah tidak ada salahnya karena kucing dikenal hewan yang bersahabat dengan manusia. Kucing akan rela berdekatan cukup lama dengan majikannya, bahkan rela tidur bersamanya. Hewan ini cukup memberi kenyamanan bagi manusia berkat bulunya yang lembut bagaikan kain sutra.

            Di dunia kucing sudah populer. Para pemahat patung ternyata banyak yang membuat kucing sehingga banyak di temui patung kucing atau tugu kucing di luar negara kita. Adapula yang kita ketahui adalah ketenaran dari nasi kucing. Ya, nama hewan inipun ternyata beredar cepat menjadi sebuah simbol makanan.

            Jadi, bagaimana? Sudah pahamkah dengan paragraf deskripsi?

                                                                                                           

Tangerang Selatan, 11 Agustus 2015

 

Dirham.A.

0 Response to ""CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI""

Post a Comment